Senin, 03 Februari 2014

Manfaat TIK Dalam Kehidupan Kita

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi. Di dalam kehidupan ini tidak dapat kita melepaskan diri dari yang namanya komputer. Di dunia pendidikan pun kita juga di ajarkan tentang ilmu TIK atau Teknologi Informasi dan Komunikasi. Dengan adanya ini diharapkan dapat mempengaruhi kehidupan dalam berkreatif secara efektif ,cepat dan mudah.
Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi kita dapat mengeksplore, menganalisis, mncari ide-ide dan dapat menambah daya kemandirian dan rasa inisiatif dalam diri kita dalam mencari apapun yang kita butuhkan saat ini dan juga di masa yang akan datang.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses dan pengolahan informasi. Sedangkan Teknologi komunikasi, berkaitan dengan alat bantu untuk memproses, mengolah bahkan memanipulasi data tersebut dan mentranfer data dari satu perangkat ke perangkat lain.
Oleh karena itu, pengertian TIK tidak lepas dari dua aspek yang saya jelaskan tadi. Banyak sekali tujuan kita untuk mempelajari TIK, sbb:
1. Untuk memotivasi kita belajar dan belajar TIK itu sendiri
2. Untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman, khususnya di bidang TIK
3. Mengembangkan kompetensi dalam diri kita di dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengembangkan pembelajaran inisiatif,kreatif,bertanggung jawab dan sifat kemandirian dalam diri kita
Adapun manfaat kita dalam penggunaan TIK:
1. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Kebutuhan waktu dan efisiensi kerja inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang usahawan dalam penggunaan TIK. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
2. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia bisnis
Dalam hal ini, para pembisnis hanya memanfaatkan perdagangan lewat jaringan internet atau bisa disebut juga media online.
3. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
4. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Seiring dengan perkembangan jaman, tentu kita tidak bisa lepas dengan yang namanya kemajuan teknologi, maka dari itu TIK juga diterapkan di dalam pendidikan agar kita tidak ketinggalan jaman. Misalnya saja Internet
5. Peneraan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.
Dengan demikian kita tahu bahwa penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi atau TIK itu sangat penting bagi kehidupan kita. Dan dalam berbagai bidang pun kita juga sangat membutuhkan yang namanya teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar